Kita Adalah Satu Kesatuan dan Saling Terhubung!

By | June 2, 2017

Kali ini saya pengen sharing sesuatu yang asik, dan saya rasa Anda akan sangat tertarik mengenai topik ini setelah setidaknya membaca artikel ini.

Siap? Baiklah, mari kita mulai.

Begini saudara-saudara. Berangkat dari banyaknya kejadian yang bikin kita ngelus dada (dada sendiri, bukan dada tetangga), terutama di Indonesia yang warganya saling “berperang”, juga kita lihat isu-isu di dunia saat ini yang masih sering kita dengar tentang peperangan. Saya ingin menyampaikan–sekaligus menyadarkan, bahwa kita semua adalah satu kesatuan. Janganlah kita saling menyakiti.

Seperti yang telah difirmankan oleh Allah bahwa janganlah kita menyakiti saudara kita, karena sesungguhnya ketika kita menyakiti orang lain, maka kita juga sedang menyakiti diri sendiri. Ya, Anda tak salah baca. Ketika kita menyakiti orang lain, sejatinya kita sedang menyakiti diri sendiri.

Begitu pula sebaliknya. Ketika kita berbuat baik kepada orang lain, maka sebetulnya pada ranah hakikat, kita sedang berbuat baik pada diri sendiri.

Mungkin Anda bertanya-tanya, “lha kok bisa?” Ya, sangat bisa. Firman Allah tersebut diturunkan bukan karena Allah iseng, atau hanya untuk kalimat motivasi bagi manusia semata agar tidak saling menyakiti. Namun, lebih dari pada itu, di dalam firman tersebut terdapat suatu rahasia alam semesta yang jika kita mau sedikit berpikir, maka mata kita akan terbelalak dibuatnya.

Sedikit kita flash back ke jaman dahulu. Bagi yang pernah belajar IPA ketika sekolah dulu, tahu kan ya ada satu hal yang namanya atom? Apa sih atom itu?

Lupa? Nggak masalah, saya akan mengingatkannya. Tenang aja, ini bukan soal ujian kok hahaha.

Menurut ilmu pengetahuan alam, khususnya Fisika Kuantum, atom adalah salah satu satuan terkecil pembentuk suatu materi di alam ini. Jadi, jika Anda lihat suatu benda di sekitar Anda–gelas katakanlah–salah satu satuan terkecil pembentuk gelas tersebut adalah atom.

Nah, saya pengen ngasih tebak-tebakan untuk Anda. Menurut Anda, jika gelas terdiri dari atom-atom, apakah mobil juga terdiri dari atom?

Lebih lanjut, apakah udara terdiri dari sekumpulan atom?

Apakah DIRI KITA ini terdiri dari sekumpulan atom?

Ya. Kita semua tersusun dari satuan terkecil penyusun alam: Atom.

Lantas, apa hubungannya atom dengan firman Allah yang melarang kita untuk menyakiti saudara kita?

Begini sidang pembaca sekalian.

Kalau kita pelajari lebih dalam, jika Anda, saya, orang lain, mobil, udara, dan apapun yang ada di alam ini dilihat dari level terhalus, kita semua adalah SATU KESATUAN DAN SALING TERHUBUNG! Ya, kita semua hanya akan terlihat bagaikan lautan atom yang tak terpisahkan.

Nah, ketika kita sudah mengetahui rahasia ini, maka akan sangat masuk akal jika kita dilarang untuk saling menyakiti. Karena ketika kita sedang menyakiti orang lain, maka kita juga sedang menyakiti diri kita sendiri. Begitu pula sebaliknya.

Jadi jangan heran ketika Allah menjanjikan jika kita berbuat baik, maka kebaikan akan kembali ke diri kita sendiri. Seperti sedekah, Allah menjanjikan akan melipatgandakan balasannya kepada kita. Amazing right?!

Lebih lanjut, tentang fisika kuantum. Mungkin Anda pernah mengalami kejadian seperti ini: Anda lagi ngomongin orang, eh kok tiba-tiba orangnya nongol hahaha.

Nah, bagaimana penjelasannya? Kita sambung ke part 2.

Stay tune!

 

Salam,

Bayu Aji Prasetyo

Author | MasBayu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *