Sering Mengalami Penurunan Motivasi? Ini Sebabnya

By | February 3, 2022

Saudara,

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa motivasi bisa menurun?

Kita tentu sudah biasa, mengalami yang namanya penurunan motivasi.

Di awal-awal merancang gol, atau karena setelah terprovokasi atau terinspirasi dari pihak eksternal, biasanya kita punya motivasi yang sangat membara.

Namun, mengapa setelahnya grafik motivasi cenderung menurun, hingga memudar?

Ada beberapa alasan mengapa motivasi menurun, yaitu:

1. Gol bukan dari keinginan pribadi

Motivasi cenderung turun, salah satu penyebabnya ialah, bisa jadi gol yang kita rancang, bukan benar-benar gol yang kita inginkan. Melainkan karena hasil reaksi kita, setelah merasa mendapatkan “pencerahan” atau inspirasi dari pihak eksternal.

Karena pihak eksternal atau orang lain berhasil mencapai tujuannya, bukan berarti kita perlu memiliki tujuan yang sama dengannya.

Sebab, alasan mengapa orang lain MAU mencapai tujuannya, tentu tidak akan sama dengan alasan kita mengapa mau mencapai sebuah tujuan.

Gali lebih dalam diri kita, agar benar-benar menemukan apa yang sesungguhnya ingin kita capai dan bernilai penting bagi kita.

2. Ekspektasi terlalu tinggi

Ketika ekspektasi terlalu tinggi, dan tidak diikuti dengan sumberdaya yang memadai, serta tidak didukung oleh citra diri yang selaras dengan ekspektasi, maka wajar jika motivasi cenderung turun.

Orang, akan cenderung cepat menyerah, jika ia merasa tujuan yang ingin ia capai, terlalu jauh jika dibandingkan dengan kondisinya saat ini.

Karenanya, penting melakukan manajemen ekspektasi, dan meskipun kita punya gol yang besar dan tinggi, penting untuk kita membuat breakdown atas gol kita.

Sehingga, gol jadi terasa ringan, dan risiko munculnya rasa frustasi dapat diminimalisir.

3. Memang naturalnya motivasi

Kalau kita mengalami penurunan motivasi, sebenarnya adalah hal yang wajar. Karena, naturalnya motivasi memang begitu adanya. Ia cenderung memudar seiring berjalannya waktu.

Mengapa demikian? Karena seiring berjalannya waktu, tentu kita akan menemui kejadian demi kejadian yang sangat mungkin mengalihkan fokus kita ke gol awal yang telah dirancang.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memperbaharui niat dan motivasi secara berkala.

Bagaimana caranya?

Baca buku, ikut komunitas yang positif, belajar ulang materi pelatihan yang pernah diikuti, dan yang terpenting adalah, sebisa mungkin memiliki mentor, guru, atau coach, serta lingkungan yang suportif.

Jadi, itu adalah 3 penyebab mengapa motivasi menurun.

Anda ingin menambahkan yang mungkin belum saya tuliskan di sini? Atau, Anda ingin mengajukan pertanyaan?

Silakan tulis di kolom komentar, ya. Terima kasih.

Salam #SadarBerdaya,

Bayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *